SOFT SKILL DAN KEDISIPLINAN MAHASISWA MENJADI PERHATIAN KHUSUS

Program Studi S1 Keperawatan STIKes Muhammadiyah Gombong 30/06/2018 bersama tim CI/Pembimbing Klinik RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto mengadakan Rapat Evaluasi Pembelajaran Program Studi Ners T/A 2017/2018.

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah kurikulum. Walaupun dalam tatanan kurikulum evaluasi berada di urutan terakhir, evaluasi berperan penting untuk menentukan sukses atau tidaknya proses pembelajaran yang dilakukan selama ini sekaligus mempengaruhi proses pembelajaran selanjutnya.

Sebagaimana yang diungkapkan Isma Yuniar, M.Kep selaku Ketua Program Studi S1 Keperawatan menyampaikan tujuan rapat ini selain untuk menyusun strategi pelaksanaan kegiatan pada periode tahun ajaran berikutnya, menentukan angka kemajuan atau hasil belajar/praktek mahasiswa, dan mereview sejauh mana capaian pelaksanaan standar kompetensi mahasiswa selama praktek di rumah sakit, juga untuk menilai apakah pelaksanaan kegiatan sudah sesuai dengan perencanaan yang dibuat sebelumnya sehingga hasilnya dapat digunakan sebagai acuan pada tahun yang akan datang.

Dadi Santoso, M.Kep Sekretaris Program Studi Ners menambahkan evaluasi pembelajaran juga bertujuan agar penempatan mahasiswa ke dalam situasi belajar mengajar yang tepat dengan tingkat kemampuan serta karakteristik yang dimiliki, sehingga pembimbing klinik lebih mengenal latar belakang mahasiswa (psikologis, fisik dan lingkungan) yang berguna baik bagi penempatan maupun penanganan sebab-sebab kesulitan/masalah belajar/praktek mahasiswa yang pada gilirannya dapat digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar. Selain itu evaluasi berfungsi mengidentifikasi kendala dan permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing pembimbimbing klinik serta tindak lanjut yang diperlukan, ungkap beliau sambil memperlihatkan daftar nama mahasiswa praktek dan mata kuliah stase yang sudah terlaksana seperti Gadar, KMB, Manajemen, Maternitas dan Anak.

Dari hasil rapat evaluasi pembelajaran program studi ners kali ini menghasilkan kesimpulan diadakannya buku monitoring setiap stase untuk mengukur target tindakan standar kemampuan klinis mahasiswa. Selain itu soft skill dan kedisiplinan mahasiswa juga menjadi perhatian khusus dalam rapat evaluasi kali ini. Sementara kuota mahasiswa praktek di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto dinyatakan aman dan terpenuhi,”diharapkan dari hasil keseluruhan pertemuan ini dapat meningkatkan strategi pembelajaran agar mahasiswa(i) bisa memberikan hasil akhir yang baik”.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.